Kamis, 22 Januari 2009

Tentang Program Komuter

Program komputer (sering kali disebut sebagai program saja) merupakan suatu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa program tertentu dan telah ter-install di dalam komputer. Program komputer merupakan contoh perangkat lunak komputer yang menuliskan aksi komputasi yang akan dijalankan oleh komputer. Komputasi ini biasanya dilaksanakan berdasarkan suatu algoritma atau urutan perintah tertentu.Urutan perintah (atau algoritma)merupakan suatu perangkat yang sudah termasuk dalam program komputer tersebut.Tanpa algoritma tersebut,program komputer tak dapat berjalan dengan baik.

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dapat diterjemahkan menjadi kumpulan perintah-perintah dasar tersebut. Penerjemahan dilakukan oleh program komputer yang disebut kompilator. Sintaks dari bahasa pemrograman lebih mudah dipahami oleh manusia daripada sintaks perintah dasar. Namun tentu saja komputer hanya dapat melaksanakan perintah dasar itu. Maka di sinilah peran penting kompilator sebagai perantara antara bahasa pemrograman dengan perintah dasar.

Kegiatan membuat program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman disebut pemrograman komputer. Contoh bahasa pemrogaman adalah bahasa FORTRAN, COBOL, BASIC, JAVA, dan C++.

Perangkat. Perangkat nyata yang dikendalikan oleh chip controller di board sistem atau card. Perangkat ini terdiri dari perangkat masukan atau keluaran, yang terdiri dari dua bagian:

- komponen mekanis, perangkat itu sendiri.

- komponen elektronis, pengendali perangkat berupa chip controller. Controller dihubungkan dengan pemroses dan komponen-komponen lain lewat bus. Controller bisa berbeda-beda, namun mempunyai register-register untuk mengendalikannya. Status register berisi statis yang mendeskripsikan kode kesalahan. Control register untuk maksud kendali. Tiap controller dibuat agar dapat dialamati secara individu oleh pemroses, sehingga perangkat lunak device driver dapat menulis ke register-registernya dan dengan demikian mengendalikannya.

Peralatan Jaringan Komputer (LAN Device)

Peralatan yang terhubung langsung ke segmen jaringan disebut sebagai sebuah device. Device-device ini dipecah menjadi dua klasifikasi. Klasifikasi pertama adalah end-user device (device untuk pengguna akhir). End-user devices mencakup komputer, printer, scanner dan device lain yang menyediakan service langsung

ke user. Klasifikasi kedua adalah network device. Network devices mencakup semua device yang menghubungkan end-user device bersamaan untuk memungkinkan mereka berkomunikasi. End-user device yang menyediakan user-user dengan suatu koneksi ke jaringan disebut juga sebagai host. Device-device ini memungkinkan

para user untuk berbagi, membuat dan menyediakan informasi. Device host dapat eksis tanpa suatu jaringan, titapi tanpa jaringan ke NOC berbentuk circuit board yang diletakkan di slot expantion pada bus motherboard komputer. NIC kadang-kadang disebut juga network adapters. Laptop atau komputer notebook biasanya berbentuk PCMCIA card. Setiap NIC diindentifikasi dengan kode yang unik yang disebut Media Access Control (MAC) address.

mampuan host akan sangat berkurang. Network Interface Card (NICs) digunakan secara fisik menghubungkan device host ke media jaringan. Mereka menggunakan koneksi ini untuk mengirimkan

e-mail, cetak laporan, scan gambar atau akses database.

System komputer

adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).

Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya. Adanya perkembangan teknologi elektronika dan informatika telah memberikan perangkat tambahan pada sebuah komputer personal seperti:

- Mouse, suatu perangkat mekanik untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia. Misalnya melakukan pengecatan mobil. Robot ini dilengkapi oleh perangkat mesin atau komputer baik sederhana maupun komplek yang mampu mengontrol gerakannya.

- Modem, alat bantu untuk mengubah data digital ke bentuk data voice atau sebaliknya sehingga data dari sebuah komputer dapat dikomunikasikan ke komputer lain melalui saluran telepon biasa, radio komunikasi ataupun stasiun bumi

- Sound card, bagian dari komponen komputer berupa kartu yang berfungsi untuk membangkitkan suara.

- video card, alat untuk menampilkan informasi ke layar monitor.

- kartu penerima televisi, alat untuk penangkap sinyal acara televisi.

- kartu penerima radio, alat untuk menerima gelombang radio.

- ethernet card, alat untuk penghubung dengan komputer jaringan.

- Printer, alat pencetak (desk jet, buble jet, laser jet, plotter)

- alat penterjemah gambar cetakan (digitizer dan scanner).

Komponen pada sistem komputer adalah :

a. Unit pemroses Mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, yang terdiri dari ALU, CU, Register.

Main memory Menyimpan data dan program, dan bersifat volatile.

Perangkat masukan dan keluaran Memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.

Interkoneksi antar kompone Struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara pemroses-main memory-perangkat masukan dan keluaran. Unit Pemroses

Pemroses (CPU) merupakan otak dari sistem komputer, berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logik dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi.

Didalam proses eksekusi, CPU menggunakan Clock (membangkitkan pulsa ke pemroses) dengan melakukan kerja yaitu mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari main memory, kemudian men-dekode instruksi menjadi aksi-aksi sederhana lalu melaksanakan aksi-aksi. Aksi-aksi disini seperti operasi aritmatika, logika dan pengendalian

Memori

Tempat menyimpan data dan program pada sistem komputer yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu :

A. Main Memory

Memori utama yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

-Register dan Buffer (terdapat didalam CPU)

-ROM (Read Only Memory) : BIOS, EPROM

-RAM (Random Access Memory) :

-SRAM (Static RAM) :

-Internal Cache Memory

-External Cache Memory

-DRAM (Dynamic RAM) :

-FPM (First Page Memory)

-EDO (Extend Data Out)

-SDRAM (Syncronous Dynamic)

-DDR (DoubleDate RAM)

-RAMBUS

B. Secondary Memory (Storage Devices)

Memori penunjang yang dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

- Sequential Access : Magnetic Tape

- Random Access : Disket, Harddisk, Compact Disc, Digital Versatile Disk (DVD).

Perangkat Masukan/ Keluaran

Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu :

Perangkat Masukan Perangkat yang berfungsi sebagai masuknya data pada komputer untuk diproses.

Perangkat Keluaran Perangkat yang berfungsi sebagai keluar/ tampilnya data yang telah diproses oleh komputer.

Perangkat Pengendali Perangkat yang dikendalikan oleh chip controller yang mengatur masuknya data dan keluarnya data dari komputer ke peripheral.

Interkoneksi Antar Komponen

Interkoneksi antara CPU, memori dan perangkat masukan dan keluaran dihubungkan oleh BUS, yang dibagi menjadi :

Address Bus Jalur yang digunakan untuk pengalamatan dari CPU ke Memori atau port, secara pararel (16, 20, 24) dengan jumlah lokasi memori yang dapat dialamati 2N (N adalah jumlah jalur alamat).

Data Bus Jalur yang digunakan untuk data-data yang dibaca/ ditulis oleh CPU kemudian dikirim/ diterima dari/ke memori maupun port I/O. Dan data bus terdiri dari jalur pararel (8, 16, 32, 64).

Control Bus Jalur yang digunakan untuk mengirim sinyal-sinyal kendali untuk memerintahkan kepada memori untuk membaca/ menulis, pembacaan I/O. (Memory Read/Write, I/O Read/Write). Pada jalur ini berisi 4 ¨C 10 jalur sinyal secara pararel.

Eksekusi Instruksi

Didalam sistem komputer, pemrosesan eksekusi instruksi dibagi menjadi dua tahap :

Pemroses membaca instruksi dari memori, disebut Fetch

Pemroses melaksanakan instruksi, disebut Execut Pemrosesan satu instruksi disebut Instruction Cycle

0 komentar:

Posting Komentar